Powered by Blogger.

Mengapa di Bumi terdapat Kehidupan?


Allah SWT telah menciptakan alam semesta beserta isinya. Dengan segala Kuasa-Nya, Allah mengadakan sesuatu dari ketiadaan. Mengubah yang mati menjadi hidup. 


Manusia tidak dapat mengungkap fenomena –fenomena alam tanpa meng-agungkan Kuasa Allah. 


Dalam kesempatan ini saya akan mengupas keistimewaan bumi dibandingkan planet lain sehinngga memungkinkan adanya kehidupan. Semua ini tentunya tidak terlepas dari kuasa Allah SWT yang menciptakan kehidupan. 



Lalu apa saja Keistimewaan bumi tersebut? 


1. Adanya air. Air merupakan sumber kehidupan. Mungkin kata-kata itu yang dapat menggambarkan bahwa semua makhluk hidup membutuhkan air untuk bertahan hidup. Hampir 70% permukaan bumi tertutupi air, sehingga di bumi memungkinkan adanya kehidupan. 


2. Orbit bumi terhadap matahari memiliki jarak yang presisi. Sehingga manusia tidak merasa terlalu panas atau terlalu dingin. Hal ini juga membuat air bisa pada bentuknya cair, dan di beberapa tempat es. 


3. Hanya bumi yang memiliki satelit paling tepat posisinya yakni Bulan. Dengan keberadaan satu satelit, maka bulan bisa mengatur datangnya air pasng serta air surut. Gravitasi antara bumi dan bulan pun begitu presisi sehingga siklus di bumi menjamin kelangsungan hidup pnghuninya. 


4. Adanya gravitasi bumi. 

Bayangkan saja kalau tidak ada gravitasi bumi? Maka kita akan melompat-lompat dengan bebasnya di udara, seperti di Bulan atau Mars yang gravitasinya kecil. Selain itu hewan dan tumbuhan tidak mungkin bisa hidup jika tidak ada gravitasi. 


5. Poros bumi memiliki kemiringan 23,5 derajat. Bergerak mengelilingi matahari dalam revolusinya. Ternyata kemiringan tersebut memiliki dampak yang besar dalam keberlangsungan sistem kehidupan di bumi. 

Kemiringan poros bumi tersebut mengakibatkan gerak semu tahunan matahari. Hal itu kemudian menyebabkan sistem iklim di bumi dan berbagai fenomena lain yang mendukung kehidupan. 


6. Keberadaan kutub utara dan kutub selatan yang merupakan medan magnetik yang berperan menjaga kestabilan bumi. 


7. Temperatur di bumi paling tepat untuk kehidupan. 


8. Adanya atmosfer yang menyelubungi bumi. Keberadaan atmosfer berperan dalam melindungi bumi dari masuknya benda-benda asing dari luar angkasa ke bumi. Selain itu atmosfer juga memiliki banyak manfaat lain dalam mendukung kehidupan di bumi seperti: menjaga kehangatan suhu di bumi, tempat terjadinya fenomena cuaca, dll. 


9. Adanya arus konveksi di dalam bumi. Hal itu mengakibatkan adanya fenomena tektonisme, vulkaniisme, dll yang beperan dalam pembentukan variasi bentuk muka bumi. Serta menciptakan keseimbangan proses kehidupan di bumi (membangun & merusak). 


Nah, itulah berbagai keistimewaan bumi sehingga memungkinkan adanya kehidupan. Tentunya masih banyak keistimewaan lain yang ada di bumi kita tercinta ini. Kalau sobat tahu dapat ditambahkan di komentar.

0 comments:

Post a Comment

Follower