Powered by Blogger.

Mengapa banyak gurun berada di sekitar lintang 30 derajat baik LU maupun LS?


Pernahkah saudara memperhatikan persebaran gurun di bumi ini? Kalau diperhatikan mayoritas gurun yang ada terdapat di lintang sekitar 30o baik di LU maupun LS.
geoenviron.blogspot.com
persebaran bioma di bumi

Menurut saudara mengapa hal itu bisa terjadi? Apakah itu hanya kebetulan? Ternyata tidak. Lalu apakah penyebabnya? Baik, ikuti ulasan berikut.
Bumi kita terdiri dari 3 sel sirkulasi atmosfer, yaitu : sel hadley, sel ferrel dan sel polar.
http://sparce.evac.ou.edu/q_and_a/images/bc07.gif

Sel itu terbentuk karena perbedaan panas di tiap lintang yang diterima dari sinar matahari.

Secara horisontal dapat digambarkan sebagai berikut:
 
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/3e/Jetcrosssection.jpg
·    Sel  Hadley merupakan sel utama sirkulasi umum atmosfer, terbentuk karena daerah di lintang 0o (katulistiwa) lebih banyak menyerap panas matahari dibandingkan daerah di lintang sekitar 30o. Akibatnya angin bergerak dari lintang 30o baik LU maupun LS ke katulistiwa (sesuai hukum boys ballot: anngin bergerak dari tempat bertekanan maksimum (dingin) ke tempat bertekanan minimum (panas)).  Angin tersebut membawa uap air ke daerah katulistiwa. Kemudian angin naik diatas equator dan kembali ke lintang 30o untuk mengisi daerah yang kosong.
·    
       Sel Polar terjadi karena daerah kutub lebih dingin daripada di daerah lintang 60o. Sehingga angin bergerak dari kutub ke lintang 60o. Angin di lintang 60o naik dan kembali ke kutub.
·   
    Sel Ferrel merupakan sel ikutan, yang terbentuk karena ada sel Hadley dan sel polar. Angin bergerak dari lintang 30o ke lintang 60o.

Setelah kita mengetahui konsp tersebut. Lalu mengapa gurun banyak  ditemukan di lintang 30o?

Yups, tepat sekali sesuai dengan skema sirkulasi atmosfer. Di lintang 30o angin yang membawa uap air bergerak menjauh baik ke katulistiwa maupun ke lintang 60o. Sehingga di daerah itu kering dan sangat jarang terjadi hujan. Oleh karena itu di  daerah lintang 30o banyk terdapat gurun.

Bagaimana sobat? Sudah tahukan penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat..

Jadilah pribadi yang kritis dan bijak dalam menanggapi peristiwa/fenomena tertentu.

2 comments:

  1. Demi apapun sepi banget kek hati :v

    ReplyDelete
  2. Mengapa Lintang 30 bertekanan tinggi sedangkan suhu di sana panas, dimana kita ketahui bahwa suhu panas seharusnya bertekanan rendah dan begitu pula sebaliknya

    ReplyDelete

Follower